Sondag 28 April 2013

BAB 1


BAB 1
SISTEM AKUNTANSI

SISTEM AKUNTANSI
    adalah organisasi formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan.
    Berikut ini diuraikan lebih lanjut pengertian masing-masing unsur sistem akuntansi:
    Formulir
        merupakan dokumen yang digunakan untuk merekam terjadinya transaksi. Formulir sering disebut dengan istilah dokumen dan media. Contoh: faktur penjualan, bukti kas keluar, dan cek.

    Jurnal
        merupakan catatan akuntansi pertama yang digunakan untuk mencatat, mengklasifikasikan, dan  meringkas data keuangan dan data lainnya. Contoh: jurnal penerimaan kas, jurnal pembelian, jurnal penjualan, dan jurnal umum.

    Buku Besar
        atau general ledger terdiri dari rekening-rekening yang digunakan untuk meringkas data keuangan yang telah dicatat sebelumnya dalam jurnal.

    Buku Pembantu
         atau subsidiary ledger terdiri dari rekening-rekening pembantu yang merinci data keuangan yang tercantum dalam rekening tertentu dalam buku besar.



    Laporan
        adalah hasil akhir proses keuangan yang dapat berupa neraca, laporan rugi laba, laporan perubahan  laba yang ditahan, laporan harga pokok produksi, laporan biaya pemasaran, laporan harga pokok penjualan, daftar umur piutang, daftar utang yang akan dibayar, daftar saldo persediaan yang lambat penjualannya.

PERBEDAAN PENGERTIAN SISTEM DAN PROSEDUR
    Definisi sistem dan prosedur adalah sebagai berikut:
        Sistem adalah suatu jaringan prosedur yang  dibuat menurut poa yang terpadu untuk melaksanakan kegiatan ppokok perusahaan.
        Prosedur adalah suatu urutan kegiatan klerikal, biasanya melibatkan beberapa orang dalam satu departemen atau lebih, yang dibuat untuk menjamin penenganan secara seragam transaksi perusahaan yang terjadi berulang-ullang.
         Kegiatan klerikal  (clerical operation) terdiri dari kegiatan berikut ini yang dilakukan untuk mencatat informasi dalam formulir, buku jurrnal, dan buku besar:
  1. menulis
  2. menggandakan
  3. mengitung
  4. memberi kode
  5. mendaftar
  6. memilih (mensortasi)
  7. memindah
  8. membandingkan

KOMPONEN UTAMA SISTEM INFORMASI
    Sistem akuntansi adalah salah satu sistem akuntansi di antara berbagai sistem informasi yang digunakan oleh manajemen dalam mengelola perusahaan. Setiap sistem informasi terdiri dari blok-blok bangunan yang membentuk sistem tersebut. Komponen banguna sistem informasi terdiri dari enam blok: masukan, model, keluaran, teknologi, basis data, dan pengendalian.

Blok Masukan (Input Block)
    adalah data yang dimasukkan ke dalam sistem informasi beserta metode dan media yang digunakan untuk menangkap dan memasukkan data tersebut ke dalam sistem.  Masukan terdiri dari transaksi,  permintaan, pertanyaan, perintah, dan pesan. Umumnya masukan harusa mengikuti aturan dan bentuk tertentu  mengenai isi, identifikasi, otorisasi, tata letak, dan pengolahannya. Cara untuk memasukkan masukan ke dalam sistem dapat berupa tulis tangan, formulir kertas, pengenalan karakteristik fisik seperti sidik jari, papan ketik (keyboard) dan lain-lain.

Blok Model (Model Block)
    terdiri dari logico-mathematical models yang mengolah masukan dan data yang disimpan, dengan berbagai macam cara, untuk memproduksi hasil yang dikehendaki  atau keluaran. Logico-mathematical models dapat mengkombinasikan unsur-unsur dan untuk menyediakan jawaban atas suatu pertanyaan, atau dapat meringkas atau menggabungkan data menjadi suatu laporan ringkas.

Blok Keluaran (Output Block)
    keluaran suatu sistem merupakan factor utama yang menentukan blok-blok lain suatu sistem informasi. Jika keluaran suatu sistem informasi tidak sesuai dengan kebutuhan pemakai informasi, perancangan blok masukan, model, teknologi, basis data, dan pengendalian tidak ada manfaatnya.

Blok Teknologi (Technology Block)
    teknologi menangkap masukan, menjalankan model, menyimpan, dan mengakses data, menghasilkan dan menyampaikan keluaran, serta mengendalikan seluruh sistem. Dalam sistem akuntansi berbasis computer, teknologi terdiri dari tiga komponen; komputer dan penyimpan data di luar (auxiliary storage), telekomunikasi, dan perangkat lunak (software).

Blok Basis Data (Data Base Block)
    merupakan tempat untuk menyimpan data yang digunakan untuk melayani kebutuhan pemakai informasi.


Blok Pengendalian (Control Block)
    beberapa cara perlu dirancang untuk menjamin perlindungan, integritas, dan kelancaran jalannya suatu sistem informasi adalah:
1.       Penggunaan sistem pengelolaan catatan
2.       Penerapan pengendalian akuntansi
3.       Pengembangan rancangan induk sistem informasi
4.       Pembuatan rencana darurat dalam hal sistem informasi gagal menjalankan fungsinya
5.       Penerapan prosedur seleksi karyawan
6.       Pembuatan dokumentasi lengkap tentang sistem informasi yang digunakan oleh perusahaan
7.       Perlindungan dari bencana api dan putusnya aliran listrik
8.       Pembuatan sistem penunjang untuk mengantisipasi kegagalan sistem informasi yang sekarang digunakan dan pembuatan tempat penyimpanan data di luar perusahaan sebagai cadangan (backup)
9.       Pembuatan prosedur pengamanan dan penggunaan alat-alat pengamanan serta pengendalian akses ke dalam sistem informasi

SISTEM AKUNTANSI DALAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR
    kegiatan pokok perusahaan manufaktur terdiri dari: desain dan pengembangan produk, pengolahan bahan baku menjadi produk jadi, dan penjualan produk jadi kepada pembeli. Untuk menangani kegiatan pokok perusahaan, umumnya dirancang sistem akuntansi yang terdiri dari:
1.       Sistem akuntansi pokok
2.       Sistem akuntansi piutang
3.       Sistem akuntansi utang
4.       Sistem akuntansi penggajian dan pengupahan
5.       Sistem akuntansi biaya
6.       Sistem akuntansi kas
7.       Sistem akuntansi persediaan
8.       Sistem akuntansi aktiva tetap

TUJUAN UMUM PENGEMBANGAN SISTEM AKUNTANSI
    adalah sebagai berikut:
1.       Untuk menyediakan informasi bagi pengelolaan kegiatan usaha baru
2.       Untuk memperbaiki informasi yang dihasilkan oleh sistem yang sudah ada, baik mengenai mutu, ketepatan penyajian, maupun struktur informasinya
3.       Untuk memperbaiki pengendalian akuntansi dan pengecekan intern, yaitu utnuk memperbaiki tingkat keandalan (reliability) informasi akuntansi dan untuk menyediakan catatan lengkap mengenai pertanggungjawaban dan perlindungan kekayaan perusahaan
4.       Untuk mengurangi biaya klerikal dalam penyelenggaraan catatan akuntansi

1 opmerking:

  1. The Best Schemes | Play at the Best Merit Casino
    Best Merit Casino Online — The 인카지노 Best deccasino Schemes is a Merit Casino Site. The 바카라 사이트 site provides slots, table games and live dealer games. It was launched in 2009.

    AntwoordVee uit